Coba Sharing Sebisanya ^_^

Karena ingatan mempunyai batasan, sedangkan tulisan lebih mengenang..

Selasa, 11 Juli 2017

Tips Trik Menginstall Aplikasi Server


Saat kita menginstall aplikasi di server kadang kita mengalami hambatan dikarenakan kurangnya ketelitian kita. Berikut ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan guna meminimalisir kemungkinan error yang terjadi saat proses installasi. Dan ada juga tips untuk menginstall aplikasi yang benar dan aman.

1. Pastikan bahwa Apache mysql database sudah berjalan dengan sempurna. Adapun untuk melihatnya dapat digunakan dua cara sebagai berikut:
-Cek lewat terminal. Dengan perintah service httpd status (untuk RPM) dan perintah /etc/init.d/apache2 status (untuk ubuntu).
-Pastikan semua file .php dapat terbuka melalui browser.

2. Pengaturan hak akses.
-Untuk direktori berikan hak akses chmod 755.
-Untuk file berikan hak akses 644.
-Untuk file berekstensi .cgi berikan hak akses 755.
-Jangan pernah memberi hak akses chmod -R 777. Karena berarti kita memberi hak akses penuh sehingga  rentan terhadap hacker.

3. Jika menemukan pesan error pada file tertentu ubah hak aksesnya dan coba jalankan lagi.

4. Baca Readme.txt sebagai petunjuk.
File readme.txt merupakan petunjuk penggunaan utama yang diberikan oleh pembuat program. Lebih baik kita baca dahulu file tersebut. Karena di file  tersebut  pasti juga disediakan link tutorial dari dokumentasi produk. Sehingga kita tidak perlu bingung-bingung mencari tutorial ke sana ke mari. Hehe.

5. Pastikan koneksi database sudah sempurna.
Pada beberapa kasus installasi menjadi terhambat karena tidak adanya koneksi dengan database. Sehingga sebelum kita mulai menginstall kita pastikan dahulu bahwa koneksi database dalam keadaan baik. Kita bisa mengeceknya dengan login ke phpmyadmin dan mengoperasikannya.

6. Pastikan paket php extension yang dibutuhkan aplikasi sudah terinstall pada server.
Untuk beberapa aplikasi ada yang membutuhkan ekstensi php tambahan seperti php-xml dan sebagainya. Jadi sebelum memulai proses installasi, cek ekstensi php tambahan apa saja yang diperlukan oleh aplikasi tersebut. Jika masih ada php ekstension yang belum terinstall sesuai kebutuhan aplikasi, aplikasi tidak dapat berjalan dengan baik.

Demikian saya share ilmu yang diberikan oleh Mbah Suro. Semoga bermanfaat.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar