Coba Sharing Sebisanya ^_^

Karena ingatan mempunyai batasan, sedangkan tulisan lebih mengenang..

Kamis, 27 Juli 2017

Menjadi Introvert Itu....


Pernahkan kamu merasa terasing dari pergaulan sekitar, dianggap anti sosial, sombong, cuek, maupun hal sejenisnya? Jika iya, kemungkinan kamu adalah seorang introvert atau pemalu. Namun pemalu dan introvert beda loh ya, perbedaanya bisa dilihat di Mbah Gugel heheh. Pemalu cenderung mengkhawatirkan banyak hal ketika ingin melakukan sesuatu, memiliki kecemasan dan gelisah, sedangkan seorang introvert adalah orang yang nyaman dengan dirinya sendiri. Introvert banyak memikirkan tentang segala hal, membuat gagasan-gagasan dalam pikirannya sendiri, dan cenderung diam kecuali ada hal yang perlu disampaikan.

 Mengenal Introvert Sedikit Lebih Dalam 

1. Tidak Pandai Menjaga Percakapan 

gambar : youthmanual.com
Point yang paling kentara adalah seorang introvert tidak setrampil ekstrovert saat bertemu dengan orang baru. Sebenarnya dia mampu untuk bersosialisasi, hanya saja tidak tahu harus memulai darimana. Apakah harus menanyakan kabar, berbicara tentang cuaca hari ini, atau menceritakan film seru yang baru dia tonton. Bahkan ketika sudah memutuskan untuk membicarakan sebuah topik, seorang introvert akan memikirkan kemungkinan-kemungkinan tanggapan yang akan diberikan oleh lawan bicaranya : Jika aku bercerita A apakah dia akan tertarik? , Apakah topik ini akan menyenangkan dia?, dan banyak pemikiran kemungkinan lain yang berlarian di pikiran seorang introvert. Dan pada akhirnya tidak sepatah katapun keluar darinya. Jika beruntung, sodara mungkin akan dijawab dengan iya, oh, hmm, dan jawaban singkat lainnya. Inilah yang membuat sebagian orang berpikir bahwa orang berkepribadian introvert adalah orang yang cuek, ansos, dan sebagainya. Catat, seorang introvert hanya tidak tau harus memulai percakapan darimana sehingga memilih diam ketimbang berbicara hal yang mungkin tidak disukai lawan bicaranya.

2. Me Time adalah Kebutuhan Pokok

Ketika sedang tidak ada pekerjaan atau kegiatan apalagi yang memaksa untuk bertemu banyak orang, seorang akan merasa nyaman menghabiskan waktunya seharian di kamar. Entah untuk membaca buku, menulis, mendengarkan musik sambil tiduran, menonton film, maupun melakukan hobbinya yang lain. Bagi seorang introvert sendirian bukanlah hal yang membuatnya kesepian. Sebaliknya, seorang dengan kepribadian introvert akan merasa energinya terkuras saat harus berada di keramaian. Meskipun itu acara ulangtahun temannya, dia akan memilih tidak hadir jika dia merasa tidak terlalu dekat. Jika tetap harus terjebak di keramaian, introvert mendambakan pulang dan mengisi ulang energinya di kamar.

3. Tidak Suka Menjadi Pusat Perhatian

Berbeda dengan ekstrovert yang biasa saja bahkan senang ketika semua mata tertuju padanya, seorang introvert akan merasa sangat tidak nyaman jika menjadi pusat perhatian. Pasalnya, seorang introvert akan merasa salah tingkah, berpikir bahwa mungkin ada yang salah dengan penampilannya, merasa setiap gerakannya diperhatikan, dan seterusnya.

Namun hal ini berbeda ketika seorang introvert diminta untuk presentasi di depan kelas maupun di depan rekan kerjanya. Dia akan mempersiapkan materinya dengan baik. Kemudian dia juga akan mengeksekusinya dengan lancar. Kenapa begitu? Karena disini dia harus bicara dan itulah salah satu kesempatan untuk menuangkan pemikirannya.

4. Tidak Percaya pada Kesan Pertama

Jika saat pertemuan pertama dengan seseorang, kebanyakan orang berusaha untuk menunjukkan sisi terbaik dari dirinya, berbeda dengan si introvert. Dia akan bersikap biasa saja, bahkan cenderung cuek (seperti yang disampaikan pada point 1). Karena menurutnya proses perkenalan dengan orang baru, karakter orang tersebut, bagaimana harus menyesuaikan diri dengan orang tersebut, akan bisa bisa dia pahami seiring berjalannya waktu. Perlahan, pemahaman terhadap seseorang akan terbentuk dengan sendirinya. Tidak ada istilah hangat-hangat tai ayam, baik, sangat baik, namun cuma di awal :) .

Bagaimana bisa seorang introvert bertahan hidup dengan baik?

Menjadi Introvert tidak sepenuhnya jelek loh.. Setiap jenis kepribadian punya kekuatan dan kelemahannya masing-masing :) Walaupun introvert adalah orang yang cenderung cuek, ada beberapa hal yang bakal bikin kamu berpikir ulang untuk pergi (kalo udah nemu temen kaya gini).

1. Introvert Sosok yang Perhatian

Dalam berteman maupun menjalin suatu hubungan (teman, kenalan, bisnis, pacar *ehhemm) seorang introvert cenderung sangat selektif. Dia tidak dengan mudah mengijinkan oranglain mendekat ke zona nyamannya. Namun ketika kamu sudah diterima di lingkaran zona nyaman seorang introvert, tandanya dia sudah menaruh kepercayaan padamu. Dengan demikian, dia akan sangat perhatian dan murah hati kepadamu. Misalnya, saat kamu kesulitan mengerjakan tugas ataupun saat laptop atau handphone mu rusak, dia akan menawarkan jasanya tanpa diminta.
Introvert juga sebenarnya adalah sosok berhati lembut yang tidak tegaan. Bahkan ketika melihat seekor kucing di pinggir jalan lagi cari makan. Bisa dipastikan juga, seorang introvert ini tidak jago menawar barang di pasar. Loh ? Ya kan orangnya tidak tegaan. Heheh.

2. Analist yang Cukup Handal

Karena sosok introvert merupakan tipikal yang gemar berpikir, dia mempunyai analisa masalah yang cukup tajam. Sosok akan membantumu memecahkan persoalan yang kamu hadapi. Dan juga, introvert merupakan berpeluang lebih dalam mengeksplorasi dirinya sehingga kemungkinan besar seorang introvert adalah orang yang pintar.

3. Lebih Suka Mandiri

Selama merasa bisa dilakukan sendiri, seorang introvert akan menahan diri untuk tidak meminta bantuan kepada temannya maupun orang lain. Karena terbiasa melakukan segala hal sendiri, introvert tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan bisa diandalkan.

4. Diam Diam Menghanyutkan

Jika dirangkum dari keseluruhan fakta bisa disimpulkan bahwa seorang introvert adalah pribadi yang diam diam suka *ehh diam diam menghanyutkan maksudnya. Di permukaan terlihat biasa saja atau bahkan terkesan tidak menarik, namun ketika sudah mulai mengenal sedikit demi sedikit, banyak kejutan yang kamu dapat dari seorang introvert. Banyak hal baru yang akan kamu temukan di dirinya. Kenapa terasa berbeda dari pas awal? Ya karena introvert adalah orang yang malas mengungkapkan siapa dirinya. Dia ingin seseorang melihatnya dengan apa adanya dia dan jika ada hal baik pada dirinya, biarlah orang tau dengan sendirinya. Karena kita bukan barang dagangan yang harus dikumandangkan kelebihannya agar oranglain tertarik mendekat. Kita tetaplah manusia, yang akan bersinggungan satu samalain dan akan menjadi harmoni dengan caranya sendiri-sendiri.

Akhirnya,,

Tidak perlu minder menjadi seorang introvert, saatnya berdamai dengan diri sendiri dan menerima keadaan diri. Introvert memang mempunyai kelemahan, begitu juga ekstrovert. Namun kita sama-sama bisa belajar untuk menyeimbangkan hidup dan memperbaiki kelemahan kita. Bahkan Superhero pun punya kelemahan kan ? :)
Apa yang saya tuliskan merupakan pengalamman dari orang sekitar. Mungkin ada pendapat lain dari sodara pembaca? Silahkan tulis di komentar, mungkin kita dapat berdiskusi :)

Akhiru Kalam :
Ada kemauan, namun ada tembok penghalang. Ayo temukan jalan!

2 komentar:

  1. Aku juga introvert deh kayanya :D wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah perlu dilestarikan berarti wkwkwk
      hanya 1 dari 3 orang yg memiliki kepribadian introvert

      Hapus